Rabu, 06 Februari 2013

SATU EPISODE CINTA


Banyak sesuatu yang di pertemukan kepada kita hanya untuk kelak di pisahkan kembali. sebut lah salah satunya cinta.

awal kelas dua SMA, waktu masih eksis-eksisnya ikut ekstra kulikuler marching band. waktu itu, gw termasuk masih magang atau baru calon anggota. itu juga yang menjadialasan gw perlu lebih sering tampil  untuk mencuri perhatian  kakak-kakak angkatan dan guru pembinaekskul, disamping gw emang tertarik dengan marching band.

merayakan ulang tahun. sekolah gw bikin serangkaian acara. dari lomba masak nasi goreng, bazar, festifal bend, sapai parade ekskul.di parade ekskul itu lah gw berkesempatan ikut tampil. gw beraksi dengan bas yang ukurannya segede badan. sebenernya posisi gw d marching band sebagai alat apa juga ga tentu. soalnya semua alat udah d pegang asama oreng lain. tapi kebitulan karena waktu itu kaka angkatan yang biyasanya megang bass berhalangan datang,jadinya gw menawarkan diri untuk menggantikannya.

siang itu panasnya luar biyasa. tapi sorak sorai ankak-anak sekolah dan guru-guru yang nonton aksi kami bikin sengatan sinar matahari nggak begitu berasa. gw pun tersenyu lega dan senang penampilan kita sukses. tambah lagi gw sempet di puji sama kakak mayoret (yang oranggnya subhanallah ehem banget) karna udah main bas dengan bagus padahal baru pertama kali,, "jadi pengen malu,  iihik."

     penampilan gw sama ekskul marching band ternyata menuai sukses lain.. ketika jam pilang sekolah, ada anak kelas X (sepuluh) yang nyamperin gw.
"kak,,kak... ada yang mau kenalan" kata anak kelas X ini.
gw cuma bengong. gw ga kenal dia tapi karna ge anak yang baik dan ramah serta rajin mengaji dan suka membantu ibu,, gw turutin aja kemauannya.

  sekitar dua menit , cewe tadi datang dengan menbawa twmannya yang juga seorang cw kelas X. dari jarak beberapa langkah gw liat temannya bereaksi enggan dan sedikit meronta-ronta. entah kenapa, padahan gw bukan om-om dan cita-cita gw jadi germo juga belum sukses.

   "ini kak, ini yang mau kenalan sama kakak,,,! engg... tapi knalan dulu ya kak, nama aku fero.
fero nyalamin gw.
"ini temen aku yang mau kaallan sama kakak, nih,,,"
si fero menyerehkan temannyakaya naruh barang kiriman. temannya sendri keliatan merengut dan salah tingkah.
"engg... Velin" kata si temen.
gw nyalamin Velin sambil tersenyum. masih sedikit bengong. maklum biasanya yang ngajak gw kwnalan  kalau ngak bibi-bibi jamu ya pembantu di rumah teteangga.
"kelas X apa,,??"  gw mencoba basa basi
"kalas X G."
"ooh tadi itu temennya..?"
     bukan. bukan temennya, sopirnya. ya ia lah temennya.

"ia fero teme aku"
"oowh"
hening..
"owh ia, ko belum pulang?"
"hemm, nanti ada yang jemput. lagi nungguin."
"hmm gitu.. eh maaf ya, aku duluan ga apa-apa kan." sahut gw.
"owh ia ia, gapapa. makasih ya ka,"
"sama-sama"
gw senyum sekali, sambil beranjak dari Velin menuju parkiran dan pulang.

malemnya, saat lagi asyk baca buku di kamar tiba-tiba handfhone gw bunyi..kriiipitipung! kriiipitipung
(jangan tanya kenapa efek suaranya kaya gitu. ini tulisan ge suks-suka dong!
ternyata sebuah sms masuk..
ge buka, ternyata dari nomer tak di kenal.
" kak, tadi di sekolah main marching bandnya keren deh. aku suka ngeliatnya..!

    Sringg. hidung gw kembang kempis, dapet sms pujian dari seorang tak di kanal. kalo gw terawang dari gaya bahasanya, kayanya si pengirim adalah seorang cewek.
   bener aja. setelah gw bales dengan ucapan terima kasih sekaligus menanyakan siapakah si pengirim, yang bersangkutan membals sms gw lagi.

 ini Velin, kak. Dapet nomer kakak dai temen kakak, maaf yah kalo ganggu..!
gw bales
  "ooh ngga ko, vel. santai aja. owh ia makasih ya, jadi terbang-terbang nih."
"hehehe, emang keren ko kak. aku suka. jago banget mainnya..!"
" ah nggak. ini juga belum lama main sama marching bend sekolah"
dan ga kerasa gw bales-balesan sms dengan Velin hingga larut malem.
   Besoknya di sekolah beberapa kali gw papasan dengan velin dan teman-temenya. kita saling lihat seraya senyum. tiap ketemu gw, velin maasih terlihat agak canggung seperti waktu kenalan. entah memeng karena gugup atau dia ngeliat mahluk gaib yang nangkring di deket gw.. Hiiiyyy.

   Di sekolah, tempat paling menyenangkan buat gw ada dua, kantin dan laboraturium komputer. gw suka kantin untuk makan dan ngobrol-ngobrolsantai sama temen, dan lab komputer karena gw bisa online di sana.

  lab komputer di jam sekolah di pakai untuk pelajaran komputer,tapi selepas jam sekolah, lab tetp terbuka untuk para siswa yang ingin menggunakan. entah itu untuk mengerjakan tugas, online atau untuk sekedar main-main. lab bahkan masih terbuka sampai jam 9 malem, selain sabtu dan minggu.
    lab komputer sekolah ramai sejak mhagrib sampai tutup. gw sendiri sering malem-malem ke sekolah cuman buat online gratisan di lab. lumayan, ngirit uang jajan,.

 Malem itu gw ketemu dengan velin di lab. gw sapa dan ajak ngobrol. gw nanya apa dia sering ke lab dan dia jawab ngga. dan velin nanya apa gw sering ke lab dan gw jawab iya. saat itu velin cuman nganterin temenya yang mau online gratis dan ngerjain tugas di lab..

  "owh ia rumah kamu di mana...??" gw nanya ke velin. gw juga ga tau kenapa gw nanyain rumah. tadinya gw mau nanya punya dongkrak ngga..! tapi ngga jadi, takutnya dia benera punya.

  "ngak jauh ko dari sini,, paling 12 menit"
  "Mae gw anterin pulangga...?"
   kali ini gw bener-bener ga tau kenapa gw mau nganterin dia pulang.
 " tapi aku sama temen"
  gw lega
  "tapi ntar ya aku bilang dia dulu...!"

 geblek. bakalan nganterin dia pulang kalo kaya gini ceritanya..
Velin terlihat nyamperin temennya dan ngga lama dia kembali ke gw sambil senyum.
  "yu kak,, temenku katanya masih ada yang mau di kerjain. kebetulan aku udah di suruh pulang sama orang rumah.."
  "owh gitu. hayu deh.."

  di perjalanan menuju rumah velin, kita ngobrol banyak. ternyata velin cukup enak di ajak bicara. diua terlihat antusias dengan semua topik yang gw bahas. sampainya di depan rumah velin,gw pun langsung pamit. sebelumnya, velin nyuruh mampir. tapi, karena gw ngerasa belum nyaman maen ke rumahnya, akhirnya gw menolak....

keesokan harinya gw pulang bareng velin. gw menawarkan diri untuk nganterin dia pulang. sebelum pullang kita sempet minum jus sambil ngobrol-ngobrol santai. gw mulai ngerasa nyaman sama velin. cara dia memerhatikan gw saat gw bicara, cara dia merespon pembicaraan gw, terlihat banget bahwa dia tau bagai mana caranya agar merasa di hargai. gw suka sama sikap cw yang seperti itu..

 setelah beberapa kali nganterin velin pulang, entah ada angin apa, gw tiba-tiba gw nawarin diri untung ngejemput velin pergi ke sekolah. tapi gw ngerasa itu normal. lo ngerasa nyaman sama seorang cewek, tentu lo ingin habiskan waktu lebih banyak dia kan. itulah yang gw rasakan.

  velin pun setuju. selanjutnya hampir tiap hari gw pirgi dan pulang sekolah bareng velin. makin banyak waktu yang gw habiskan dengan dia, makin nyaman gw berada di dekat dia.  perlahan tapi pasti ada perasaan yang terbentuk sedikit demi sedikit di hati gw. perasaan terhadap velin gw berfikir, velin harus tau tentang perasaan ini.

 waktu itu di parkiran sekolah, velin tiba-tiba bilang kalo dia ngga bisa pulang bareng gw. tadinya, gw berencana untuk nembak dia dalam perjalanan pulang, tapi otomatis rencana gw batal. karena ga bisa nunggu sampai besok, akhirnya saat itu juga gw omongin perasaan ge ke velin..

  "velin aku bolenh ngomong sesuatu ngga...?"
  "ngga boleh"
  "oh"
  "...."
  haning.
 "aku mau bulang kalo aku..!"
 "ehemmm???"
 "aku"
 "yaa..?"
  "aku suka kamu... kamu mau ga jadi pacar aku...??"
  hening.
  hening.
  hening.
  "duh maaf ya,, aku ngga bisa"
gw melengos. jantung rasanya jatuh ke perut.
  ".....ngga bisa nolak" lanjut velin.
AAAAHH!? serius ni? serius? seriussss????
(candil muncul dari balik pintu.. GARING)
  "beneran..?"  tanya gw masih ga yakin.
  "iya" kata veli, sambil tersenyum.
  "nng,, makasih ya"gw kehilangan kata-kata.
  "kalo gitu aku pamit dulu ya.. maaf banget ya aku buru-buru, ada perlu."
  "ia ia, ya udah.. gapapa, hati-hati di jalan yah."
   velin melambaikan tngan dan berlari kecil menuju ke gerbang sekolah. gw terdiam di pikiran, senyum-senyum sendiri mirip orang gila.

  hari-hari gw dengansetatu baru yaitu pacar orang pun di mulai,dari yang tadinya manggil pake aku-kamu sekarang jadi yang-yangan'. d sms pake panggilan chayank' atau thayank' gila imut banget ga sih.. tiap siang sama malem ada yang nge sms 'lagi ngapain? 'udah makan blum? 'met bobo yah,,! good night..! luv u,, dan serangkaian kalimat rutin orang pacaran.
   gw ngerasa saneng dengan 'dunia baru gw' yang gw masuki kembali setelah menjomblo kurang lebih tiga tahun. hari-hari gw jadi lebih berwarna dari sebelumnya. gw punya temen ngobrol yang selalu ada waktu buat gw, gw punya temen berbagi cerita, berbagi senang, dan keluh kesah. dan tentunya, gw bisa sayang-sayangan sama pacar.
tapi yang kadang gw lupa adalah sewaktu pacaran, hidup gw bukan semata-mata tentang diri gw lagi. tapi, tentang dia juga. bahkan porsi dia bisa mengalahkan porsi dari hidup gw sendiri. gw jadi sering mikirin dia dari pada diri gw sendiri, gw lebih sering menghawatirkan dia yang lagi BT, ngambek, atau kalau lagi ada masalah dengan orang rumah. gw jadi lebih banyak menghabiskan waktu untuk menjaga perasaan dia, dari pada perasaan gw sendiri.

   setelah jadian, gw rutin tiap hari nganterin-jemput Velin sekolah. gw ga ngerasa jadi ojeg karena gw rela dan gw suka. tapi setelah setahun lebih, gw sebagai manusia juga bisa ngerasain lelah dan jenuh. di tambah lagi Velin mulai membuka sifatnya yang ngga gw liat sebelum pacaran dengan dia. suka ngambek,velin gampang banget ngambekhanya karna hal-hal kecil,hal-hal kaya telat bales SMS dua-tiga menit. ga ngerayu dia saat dia lg bad mood. ngga menghabiskan waktu dengan dia karna gw lebih memilih ngumpul sama temen-temen.

  va\elin ga pernah nerti bahwa gw juga nggak selalu bisa ngerayu dia saat lagi bad mood karna pada saat itu gw lagi bad mood. velin ga ngerti bahwa selain dia, gw juga masih punya sahabat yang pada saat-saat tertentu ingin menghabiskan waktu bersama mereka. velin menganggap bahwa gw udah pacaran sama dia maka seluruh waktu, pikiran, dan tenaga gw, hanya digunakan untuk dia.

  semua itu membuat gw lelah

  dua tahun lebih pacaran sama velin, gw mulai berfikir untuk menyudahi hubungan. selain karna gw capek meladeni dia,gw juga pada saat itu udah mau lulus dan udah berencana untuk melanjutkan kuliah ke luar pulauw. gw ngga ngerasa siap LDR dan gw kira velin nggak akan mau.

  di satu kesempatan, gw bicara baik-baik sama velin untuk minta putus. dan ternyata velin menolak, besoknya saat gw ketemu dia di sekolah, gw liat di punggung tangannya banyak bekas sayatan. gw kaget dan nanya ke velin. dia ngga jawab apa-apa. gw ngga perlu nanya dua kali untuk menebak apa yang dia lakukan pada tangannya.

  gw ngga berani untuk munta putus lagi ke velin. takut dia mengulang halo yang sama, bahkan bisa aja lebih berbahaya dari yang udah dia lakukan. gw mulai memikirkan bagai mana cara supaya velin membenci gw. supaya velin sendiri yang mutusin gw.

  gw lalu bersikap menjadi cowo yang menyebalkan. ga pernah bales SMS velin, ngga mau ngejemput dan nganteriun velin lagi, bersikap dingin ke velin. tpi semua itu ngga berhasil bikin velin marah sama gw. gw berfikir lagi. apa sebenarnya yang bisa bikin sewe marah dan membenci cowonya..? gw langsung dapet jawaban: cowoknya main sama cewe lain (selingkuh).

  gw pun mulai ngedeketin salah seorang temen sekalas gw, tasya. gw sengja ngedeketin tasya untuk bikin velin cemburu. di luar dugaan, ge gagal. bukannya cemburu, velin malah minta maaf ke gw. velin minta maaf karna selama ini udah nyusahin gw dan bikin gw lelah dengan sifstnya. dia bilang ke gw bahwa dia mau berubah demi gw. dia akan lakukan apapun supaya ngga melakukan ini (membuat dia benci ge) lagi ke dia. dia akan menjadi seperti apapun yang gw mausupaya gw ngga pergi ke cw lain.

  gw cuma diam dan semakin bingung. gw mulai kehabisan cara untuk bikin velin mutusin gw. setelah itu velin memang berubah 180 derajat. dia jadi lebih baik dan pengertian sama gw. seakan fokus hidupnya hanya buat gw. gw kaget dan seneng ngeliat dia kaya gitu. tapi gw merasa semua udah terlambat. harusnya sejak dulu dia kaya gitu. bukan sekarang, waktu gw udah bener-bener memilih untuk lepas dari dia.

  karna gw ngerasa belum maksimal waktu gw melakukan pendekatan ke tasya, gw mengulangi lagi 'strategi' yang sama. kali ini ge ngedeketin sahabat ge sendiri, namanya Ria. Ria juga temen sekelas gwdan gw udah cukup lama kenal deket sama Ria. selama gw jadian sama velin, hampir seluruh kisah gw sama velin gw ceritai ke Ria. gw cerita bahwa saat itu gw lagi ada masalah dengan velin dan gw ingin velin mutusin gw.

  saat gw curhat fia SMS dengan ria, gw iseng nembak ria. ternyata ria nerima. tapi gw dan ria juga sepakat bahwa kita jadian hanya sebatas hafing fun, ngga di bawa serius. kita saling tau masalah masing-masing dan alasan kenapakita mencari 'pelarian'. gw sedang ada masalah dengan velin dan ingin lepas dengan velin. sementara, Riajuga ada masalah dengan gebetenya. jadilah kita berdua pacaran.

  gw mwnywmbunyikan hubungan gw dengan ria dari velin. walau gw ingin dia tau dan dengan itu berharap dia langsung mutusin gw, nggak mungkin juga gw langsung ngumumin ke dia bahwa gw udah jadian dengan Ria. itu konyol namanya dan terkesan songong.

  Seperti kata pepetah, bagai mana pun bangkai di sembunyikanakhirnya tercium juga, dua hati satu luka. Velin nanya apakah apakah ge jadian sama ria. Gw jawab ia.Gw liat mata Velin berair. dia bertanya lagi, apa ge mauputus dari dia. gw mengulang jawaban sebelumnya.pipi Velin basah. Gw cuma diam...



gw putus dengan Velin. mungkin Velin sadar bahwa Gw udah ngga ingin meghabiskan hari-hari gw bersama dia lagi. Dia sadar, ga mungkin dia mempertahankan hubungan sendirian. ngga mungkin dia mati-matian berjuang kalo Gw udah menyerah.

Hubingan gw dan ria sendiri ga berlangsung lama. Cuma dua minggu. setelah pacaran, Ria bahkan lebih bureuk dari Velin. ganpang marah tanpa alasan yang jelas. gw sempet ngebahas alasan kita jadian di awal bahwa kita cuma main-main untuk lari dari masalah dengan pacar masing-masing. tapi Ria ternyata jadi serius. karna sama-sama gak nyaman Gw dan ria memutuskan untuk kembali jadi sahabat. hubungan Gw dengan Ria pun jadi baik lagi seprti biasa..

  Cinta memang lucu. dai datang tiba-tiba penuh warna hanya untuk suatu saat pudar di tengah jalan. Seperti dia datang tanpa kita tahu, dia juga perlahan menghilang tanpa kita sadari. dia datang dengan atau tanpa alasan. setelah semua itu terjadi, nggak ada yang bisa kita lakukan selain, mungkin sekedar menyesali atau justru mensyukurinya.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar